PT Suzuki Indomobil Sales resmi menginformasikan penarikan kembali ribuan unit Suzuki Karimun Estilo di Indonesia. Program recall tersebut ternyata dilakukan untuk memperbaiki sistem AC yang bermasalah.
Seperti dikutip dari Kompas.com, Head of Service SIS Riecky Patrayudha menjelaskan, program ini dilakukan sebagai peningkatan kualitas produk yang diberikan untuk konsumen Karimun Estilo. Pihak SIS juga mengingkari kampanye ini sebagai recall, padahal ada perbaikan massal yang dilakukan.
"Ini program perbaikan, product quality update namanya. Komponen yang diganti itu resistor blower pada sistem pendingin kabin, hanya satu komponen itu saja, tidak semuanya," ucap Riecky saat dihubungi Kompas.com (3/9).
Sebelumnya kabar pergantian resistor blower pada Karimun Estilo sempat dianggap sebagai recall yang ramai di Facebook Karimun Club Indonesia. Namun setelah dikonfirmasi ke pihak SIS, hal tersebut bukan perbaikan yang sifatnya harus dan wajib, karena terkait masalah keamanan.
"Bukan recall, jadi intinya itu hanya update komponen saja. Resitor itu kalau tidak diganti juga tidak apa-apa, paling hanya kurang nyaman karena AC tidak terlalu dingin, tidak sampai ke safety," kata Riecky.
Menurut Riecky, program product quality update dijalankan dari hasil survei yang dilakukan. Ada beberapa konsumen pengguna Karimun Estilo yang mengeluhkan bahwa AC mobilnya tidak dingin.
Riecky mengatakan, program ini dilakukan secara nasional, untuk pengguna Karimun Estilo tahun produksi 2006 sampai 2010. Mengacu data Gaikindo, dalam periode tersebut, Suzuki sudah memasarkan sekitar 15.500 unit Karimun Estilo di Indonesia.
Info Toyota Hub :
Syahrul Toyota
Tlp # 085299642356
WA # 08114617755
No comments:
Post a Comment